Visual Spasial

Posko Visual merupakan pameran desain tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Malang. DKV 2018 sebagai penyelenggara Posko Visual tahun ini berkolaborasi bersama DKV 2020 untuk menghadirkan wajah baru yaitu Pameran Visual Spasial. Selain menjadi wadah kreativitas bagi mahasiswa DKV 2020, pameran turunan ini juga memberi kesempatan bagi mahasiswa DKV 2020 untuk menambah pengalamannya dalam mengkoordinasi sebuah pameran. 

Nama “Visual Spasial” sendiri bermakna kecerdasan majemuk yang memiliki kemampuan untuk memvisualisasikan berbagai hal dan memiliki kelebihan dalam berpikir melalui gambar. Seorang ahli Pendidikan dari Harvard University bernama Howard Gardner berpendapat bahwa tidak ada manusia yang tidak cerdas. Menurutnya, manusia memiliki delapan kecerdasan yang tiap dirinya berbeda. Kecerdasan majemuk seseorang diidentifikasi melalui observasi terhadap perilaku, tindakan, kecenderungan bertindak, kepekaan seseorang terhadap sesuatu, kemampuan yang menonjol, reaksi spontan, sikap, dan kesenangan. Dalam hal ini, berfokus pada kecerdasan majemuk visual-spasial. Kecerdasan visual spasial adalah kemampuan membayangkan sesuatu, melahirkan ide secara visual dan spasial dalam bentuk gambar atau bentuk yang terlihat mata (Armstrong, 1996). Kemampuan mengenali identitas objek ketika objek tersebut ada dari sudut pandang yang berbeda dan juga mampu memperkirakan jarak dan keberadaan dirinya dengan sebuah objek. 

Pameran Visual Spasial 2021 mengusung tema “Habit during Pandemic”, yang memiliki makna segala kebiasaan yang dilakukan masyarakat di masa pandemi. Pandemi mengubah banyak hal dalam hidup manusia secara singkat. Manusia dituntut untuk bisa adaptif dengan segala perubahan yang cepat ini. Segala peraturan dan protokol kesehatan diupayakan oleh pemerintah demi mengurangi angka penyebaran virus. Salah satu upaya pemerintah dalam menangani kasus penyebaran virus ini adalah dengan adanya pembatasan sosial. Pembatasan sosial bagi masyarakat ini menimbulkan kebiasaan-kebiasaan baru bagi masyarakat dari semua kalangan. Dalam hal ini, pengkarya diharapkan dapat memvisualisasikan kebiasaan-kebiasaan baru pada masa pandemi menjadi karya yang unik dan kreatif.

Subject:

  1. Habit at social life
  2. Student habit when studying online
  3. College student activity
  4. New normal habit

“Visual Spasial 2021” mencoba menjawab persoalan tersebut. Apa saja kebiasaan-kebiasaan baru yang diterapkan pada masa pandemi dan bagaimana mengolahnya menjadi sebuah karya visual yang kreatif dan unik. Para pengkarya yang berpartisipasi dalam pameran ini ditantang untuk memamerkan karya seni dengan melihat kembali bahwa ada banyak hal yang telah terjadi selama pandemi. Perubahan-perubahan kecil pada perilaku dan juga pola pikir. Dengan cara dan proses kreatif yang khas dari masing-masing pengkarya, mereka mengekspresikan keresahan yang dialami dengan mengaitkan wacana atau isu tentang kebiasaan baru, budaya baru, hubungan antar manusia, serta perasaan-perasaan filosofis yang berpengaruh pada aktivitas selama pandemi. 

Para pengkarya seakan memiliki wadah integritas yang harmonis antara karya dan publik seni. Seringkali ada banyak hal yang terlewat begitu saja. Entah itu kejadian, kebiasaan, masalah, maupun perasaan. Seakan kesadaran dan kepekaan kita mulai terkikis dengan segala hal yang bersifat dinamis yang kemudian membuat kita lupa. Semakin kita peka terhadap kejadian dan kebiasaan yang biasa kita lakukan, pikiran kita akan terasah dan mewujudkannya menjadi sebuah karya visual, akan menjadi sebuah kenangan yang suatu saat dapat dijadikan pelajaran berharga.

Crew
Author: Crew

Admin

More Blog

Visual Spasial

Posko Visual merupakan pameran desain tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Malang. DKV 2018 sebagai penyelenggara Posko

Read More

Watercolor Basic Guide

Cat air adalah media gambar berbasis air yang memiliki sifat transparan dan mudah luntur apabila tertimpa oleh air. Penggunaan cat

Read More

Copyright © Posko Visual 2021. All right reserved

Translate »